Sabtu, 30 April 2011

Obyek Wisata Riam Mambanin Kab Tabalong

Riam Mambanin adalah obyek wisata yang terdapat di Desa Marindi, Kec. Haruai, Kab. Tabalong, sekitar 45 km dari Kota Tanjung, Ibukota Kabupaten Tabalong. Dari Tanjung, Desa Marindi dapat diakses dengan menggunakan mobil dengan waktu sekitar 45 menit.



Dari Desa Marindi, Riam Kinarum diakses melalui jalan tanah yang bisa dilalui kendaraan roda dua atau bagi dengan berjalan kaki. Jika menggunakan kendaraan roda dua, kita akan tiba di lokasi sekitar 30 menit dari jalan utama desa, sementara jika berjalan kaki, perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 60 menit.


Jalan ke Riam Mambanin baru terbuka sekitar tahun 2007, dimana atas inisiatif masyarakat setelmpat bergotongroyong membangun jalan kecil menuju obyek wisata ini. Tak hanya secara swadaya, Pemerintah Daerah pun membantu pembangunan akses ke obyek wisata alam ini, bahkan menurut H. Rijani, Kepala Desa Marindi, untuk tahun 2009 dan 2010 total dana yang dikucurkan pemerintah untuk membantu membangun jalan akses ini mencapai 400 juta rupiah.

Perjalanan ke Riam Mambanin cukup menjanjikan sesuatu yang berbeda, sepanjang jalan kita akan dijamu dengan udara segar yang dihembuskan dari kebun karet yang juga menjadi nafas ekonomi masyarakat Marindi. Aktifitas menyadap dan mengangkut karet merupakan obyek yang cukup unik untuk diamati, khususnya untuk mereka yang belum pernah menjalaninya. Selain kebun karet, perjalanan juga akan ditemani anak-anak sungai berair tenang lagi jernih, pohon-pohon bambu, ladang dan kebun buah-buahan khas Tabalong.

Obyek wisata Riam Mambanin sendiri adalah obyek yang daya tarik utamanya adalah pada air terjun dan batu-batu besar yang membentuk riam-riam kecil dialiri air pegunungan segar lagi jernih. Obyek ini menawarkan kesejukan dan ketenangan suasana ditengah rimbunnya kebun karet dan pohon-pohon hutan serta rotan yang bergelantungan diantara pohon-pohon besar (foto perjalanan dan obyek wisata kami rangkum dalam galeri pada posting sebelumnya)

Sumber / Selengkapnya Klik :
http://untuktabalong.wordpress.com/

Sumber Gambar:
http://untuktabalong.files.wordpress.com/2011/02/dsc_0028.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar