Sabtu, 30 April 2011

Kabupaten Tabalong


Kabupaten Tabalong adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Tanjung. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.496 km² dan berpenduduk sebanyak 218.954 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Motto kabupaten ini ialah Saraba Kawa dalam bahasa Banjar yang berarti Serba Sanggup. Kabupeten Tabalong diresmikan 1 Desember 1965.



Suku Bangsa

Suku bangsa yang ada di Kabupaten Tabalong antara lain:

Suku Banjar: 141.347 jiwa
Suku Jawa: 19.924 jiwa
Suku Bugis: 516 jiwa
Suku Madura: 233 jiwa
Suku Bukit: 1.106 jiwa
Suku Mandar: 12 jiwa
Suku Bakumpai: 41 jiwa
Suku Sunda: 952 jiwa
Suku lainnya: 6.575 jiwa


Riwayat Nama Tabalong

Legenda tentang terciptanya nama Tabalong menurut hikayat lisan dari mulut ke mulut yang tersebar sejak tahun empat puluhan, ialah seperti yang ditulis seniman Tabalong dalam buku antologi puisi "Duri-duri Tataba" pada tahun 1996 yang diterbitkan Dewan Kesenian Daerah (DKD) Tabalong, menyebutkan bahwa terwujudnya sebutan Tabalong bermula dari para perambah hutan yang mencari ladang dan huma hingga kakinya terinjak duri-duri Tataba, sejenis pohon yang seluruh batangnya penuh berduri keras, jenis tanaman ini mempunyai akar tunjang dan buahnya hanya menjadi makanan burung-burung hutan.

Mereka menjerit (dalam bahasa Banjar Hulu dikatakan "Jerit" sama dengan "Tahalulung" atau sama dengan melolong), karena kesakitan terkena duri-duri Tataba, inilah akhirnya menjadi penyebutan "TABALONG" yang artinya terinjak duri Tataba. Jadi kata Tahalulung menjadi nama "Tabalong".

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Tabalong 

Sumber Gambar:
http://tabalongkab.go.id/?page_id=1556

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar