Sabtu, 30 April 2011

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tapin

Berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM), pencapaian IPM Kabupaten Tapin memperlihatkan pertumbuhan yang positif dari tahun ke tahun. Tahun 2008 IPM Kabupaten Tapin tercatat sebesar 69,79. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 0,45 poin dibanding dengan IPM pada tahun 2007 yang mencapai 69,34.


Nilai IPM Kabupaten Tapin meningkat dari tahun sebelumnya akan tetapi peringkat IPM dibanding Kabupaten lain mengalami penurunan, dari peringkat 7 di tahun 2007 menjadi peringkat 8 di tahun 2008 ini. Ini berarti daerah yang semula berada di bawah peringkat IPM Tapin (Banjar, Tanah Laut, HSS dan HST), telah bergerak lebih maju dalam hal pembangunan manusia dibanding Kabupaten Tapin.

Kalau dibandingkan dengan IPM Propinsi Kalimantan Selatan sebesar 68,72 pada tahun 2008, IPM Kabupaten Tapin lebih tinggi. Namun kecepatan perubahannya lebih tinggi di bandingkan dengan angka IPM Kabupaten Tapin. Hal ini terlihat dari reduksi Shortfall IPM Kabupaten Tapin 1,48 sedang Propinsi Kalimantan Selatan sebesar 2,20. Secara umum, ini menandakan pembangunan manusia di Propinsi Kalimantan Selatan berada di atas manusia di Kabupaten Tapin. Apabila dibandingkan dengan nilai IPM nasional, nilai IPM Kabupaten Tapin di bawah IPM nasional (71,17). Juga kecepatan perubahan IPM nasional lebih tinggi yang diukur dengan Reduksi Shortfall mencapai 1,98 persen.

Walaupun IPM Kabupaten Tapin terus naik dan posisinya berada di atas IPM Propinsi Kalimantan Selatan, namun masih di bawah IPM nasional. Jika dilihat secara nasional nilai IPM Kabupaten Tapin berada di peringkat 269, dan Kalimantan Selatan menduduki peringkat ke 26 dengan nilai IPM sebesar 68,72. Hal ini patut menjadi perhatian pemerintah daerah khususnya Kabupaten Tapin supaya lebih intensif memacu pembangunan manusia di wilayah ini agar tidak tertinggal dibanding daerah lain di Wilayah RI.

(Sumber : Analisa Pembangunan Manusia Kabupaten Tapin Tahun 2009)

Sumber :
http://kab-tapin.blogspot.com/ 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar