Minggu, 01 Mei 2011

Kabupaten Barito Kuala Mengembangkan Kawasan Hortikultura

Sebagai salah satu kabupaten yang terpilih sebagai lokasi pengembangan kawasan hortikultura di Kalimantan Selatan, Barito Kuala telah menunjukkan dukungan yang sangat besar dalam pembangunan pertanian khususnya pembangunan komoditas hortikultura.

Guna mendukung program pengembangan kawasan hortikultura ini, salah satu wujud upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Kuala dalam hal ini Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura adalah dengan digelarnya Kontes Buah Jeruk Siam Banjar Tingkat Kabupaten Barito Kuala.


Puncak acara kegiatan kontes buah jeruk siam banjar yang diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2010 lalu bertempat di Aula Selidah Pemerintah Kabupaten Barito Kuala. Acara ini juga sekaligus merupakan salah satu agenda acara peringatan hari jadi Kabupaten Barito Kuala. Turut hadir pada acara ini Bupati Kabupaten Barito Kuala yang diwakili oleh Wakil Bupati H. Sukardi.

Kegiatan kontes buah siam banjar dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada pelaku usaha buah jeruk siam banjar dalam meningkatkan produksi dan kualitas jeruk siam banjar melalui sistem penerapan manajemen mutu yang berdaya saing.

Selain itu juga diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja para petugas, penyuluh maupun instansi terkait lainnya dalam melakukan pembinaan kepada para petani jeruk di Kabupaten Barito Kuala.

Dengan kontes buah jeruk siam banjar ini diharapkan bahwa usaha jeruk siam banjar dapat menjadi sumber bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani jeruk sehingga mampu memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Barito Kuala. Demikian dikutip dari sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara yang juga selaku Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Zulkifli Yadi Noor, M.Sc.

Kegiatan kontes buah jeruk siam ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Barito Kuala. Kontes ini telah diikuti oleh lebih dari 40 peserta dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Kuala. Melihat antusiasme petani jeruk yang demikian besar, maka Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Barito Kuala berencana menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu agenda tahunan dalam program kerja Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Barito Kuala.

(Untuk berlangganan Tabloid SINAR TANI. SMS ke : 081584414991) = EDISI 3389

Sumber :
http://www.sinartani.com/potensi/kabupaten-barito-kuala-mengembangkan-kawasan-hortikultura-1295249489.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar