Minggu, 01 Mei 2011

Balangan, Kabupaten Termuda di Kalsel

Balangan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan selatan yang beribukota di Paringin, secara geografis terletak antara 2o01 37 - 2o35 58 LS dan antara 114o50 24 - 115o50 24 BT.

Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten tabalong dan Kabupaten Pasir Provinsi Kalimantan Timur di utara, Kabupaten Pasir Timur Provinsi Kalimantan Timur dan Kota Baru di timur, Kabupaten Hulu sungai tengah di selatan, Kabupaten Hulu sungai Utara di barat. Luas wilayah daerah ini 1.878,3 km.


Secara administratif, daerah ini terbagi menjadi enam Kecamatan dan 160 Desa.

Daerah ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan antara lain di sektor perkebunan komoditi utama yang dihasilkan daerah ini pada tahun 2006 berupa karet (19.872 ton), kelapa dalam (687 ton) dan kopi robusta (378 ton).

Untuk kegiatan pertanian, hasil pertanian di daerah ini yang utama berupa bahan tanaman pangan holtikultura yang meliputi padi, jagung, kedelei, kacang hijau, kacang tanah, ubi kayu, ubi jalar, pisang kepok, dan pisang talas.

Disamping mengolah lahan petani di Tanah Laut bisanya juga memelihara ternak dengan ternak unggulannya berupa sapi, kambing, domba, ayam ras/ ayam pedaging, ayam buras dan itik.

Di sektor perikanan di Kabupaten Balangan ini yang dapat dikembangkan disepanjang aliran sungai , cekdam, dan rawa. Komoditas yang dapat dikembangkan berupa ikan patin, mas dan nila. Perikanan budi daya ini meningkatkan pendapatan masyarakat dan ekspor adalah ikan bertutu.

Selain sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, potensi lain yang dapat dikembangkan di Balangan ini adalah pertambangan dengan hasil tambangnya berupa marmer, posphat, kaolin, gambut, lempung, emas, bijih besi, batu gamping, dan batu bara.

Di sektor pariwisata daerah ini juga memiliki obyek wisata alam, wisata budaya dan adat istiadat, wisata sejarah.

keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahakan para pedagang utuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa, daerah ini juga memiliki berbagai sarana dan prasarana pendukung diantaranya sarana pembangkit tenaga listrik, air bersih, gas dan jaringan telekomunikasi.(hum/arya/BZ)

Judul Asli :
Balangan, Kota Muda Pecahan Dua Kabupaten

Sumber :
http://www.borneozone.com/index.php/habar-banua/kab-balangan/118-balangan-kota-muda-pecahan-dua-kabupaten

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar